PERUSAHAAN APLIKASI KENCAN BUMBLE PASANG IKLAN DICLUB NBA
Bumble, sebuah perusahaan jaringan sosial yang terkenal dengan aplikasi kencan di mana wanita melakukan langkah pertama, akan menempatkan logo di seragam tim basket Los Angeles Clippers.
Bumble akan membayar sekitar $ 20 juta selama tiga tahun, menurut seseorang yang akrab dengan kesepakatan yang meminta untuk tidak diidentifikasi karena syaratnya bersifat pribadi. Ini adalah bagian dari kesepakatan yang lebih luas antara perusahaan dan franchise NBA Steve Ballmer.
Pendiri Bumble Whitney Wolfe Herd mengatakan bahwa dia tertarik pada jejak global NBA dan, yang lebih penting, komitmen tim terhadap keragaman gender. Clippers memiliki tim kepemimpinan wanita terbesar di NBA di bawah Presiden Operasi Bisnis Gillian Zucker. Ini adalah tahun pertama liga telah mengizinkan iklan pada seragam pemain, dan sejauh ini tim telah menjual sponsor dari sekitar $ 5 juta sampai $ 20 juta setahun.
"Kami melihat kesempatan untuk menciptakan perubahan bersama," kata Wolfe Herd dalam sebuah wawancara. "Bila Anda melihat logo ini berarti lebih dari itu. Ini berarti pemberdayaan. "
Clippers dan Bumble menolak untuk mengomentari syarat keuangan kemitraan tersebut, yang mencakup inisiatif di luar pengadilan seperti program pendidikan dan pendampingan dan pembentukan dewan penasihat untuk para pemimpin industri.
Dalam sebuah wawancara, Ballmer mengatakan bahwa Clippers mengadakan pembicaraan dengan sejumlah perusahaan namun menemukan kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan Bumble "yang menarik."
"Ini adalah kesempatan bagus untuk mengaitkan merek, kebanyakan dengan wanita, dengan olahraga - dan Clippers," kata Ballmer. "Tidak banyak presiden tim olahraga yang menjadi wanita dan dilengkapi dengan baik untuk membuat jembatan itu."
NBA, secara keseluruhan, telah melakukan lebih baik dengan keragaman gender daripada liga olahraga pro A.S. utama lainnya. Tahun lalu, misalnya, NBA menerima kelas B untuk praktik perekrutan jenis kelaminnya dari Institute of Diversity and Ethics in Sport di University of Central Florida. Major League Baseball dan NFL masing-masing mendapat C.
Musim lalu, wanita menyumbang 47 persen dari 127 juta pemirsa A.S., kata NBA. Kepopuleran NBA wanita naik 16 persen musim ini, kata liga tersebut.
Sedangkan untuk Bumble, pada bulan Oktober perusahaan meluncurkan BumbleBizz, yang dirancang untuk membantu jaringan profesional. Seperti aplikasi kencan, wanita perlu memulai diskusi.
Bumble memiliki 29 juta pengguna pada pekan lalu, menurut seorang juru bicara. Perusahaan ini dikendalikan oleh Andrey Andreev, seorang pengusaha Rusia dan pendiri Badoo, sebuah situs kencan yang populer di Eropa dan Amerika Latin.